Jumat 22 Mar 2013 09:12 WIB

Amerika: Pasukan Oposisi Tak Gunakan Senjata Kimia

Barack Obama
Foto: AP Photo/Charles Dharapak
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat mengklaim tidak menemukan bukti untuk mendukung tuduhan Pemerintah Suriah, jika oposisi menggunakan senjata kimia dalam serangan pekan ini.

Pemerintah Suriah dan pemberontak oposisi saling tuduh atas serangan penggunaan senjata kimia tersebut. Damaskus menuduh pemberontak oposisi menggunakan senjata kimia di Khan al-Assal di dekat Aleppo, Selasa (20/3) kemarin. Dalam peristiwa itu lebih dari 30 orang meninggal.

Di pihak lain, Oposisi menuding pemerintah menggunakan senjata kimia pada insiden lain di dekat Damaskus. PBB turun tangan dan menyelidiki indikasi penggunaan senjata kimia di negeri yang sedang carut marut itu.

Negara-negara Barat berulang kali memperingatkan penggunaan senjata kimia yang dianggap sebagai senjata pemusnah massal, berpotensi mengubah pandangan bagaimana konflik itu terjadi.

Presiden AS Barack Obama mengatakan Pemerintah Suriah akan mempertaruhkan tanggapan serius internasional jika membiarkan 'jin keluar dari botol' dengan menggunakan senjata kimia dalam perang saudara itu.

Saat mengunjungi Israel, Obama mengaku skeptis pasukan oposisi menggunakan senjata kimia. Obama malah menuding Pemerintah Suriah mempertahankan kendali cadangan senjata kimia itu.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement