Sabtu 13 Apr 2013 01:07 WIB

Margaret Thatcher Akan Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Madrid

Margareth Thatcher
Foto: guardian.co.uk
Margareth Thatcher

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Magnet Margaret Thatcher merekat kuat tak hanya di Inggris, tapi hingga ke Spanyol. Wali Kota Madrid, Ana Botella mengumumkan bakal mengabadikan nama mendiang mantan perdana menteri Inggris itu sebagai sebuah jalan di Kota Madrid. Keputusan itu jelas melahirkan kontroversi.

Botella memuji Thatcher sebagai pelopor kaum perempuan yang memahami ekonomi Inggris merosot akibat krisis moral dan nilai-nilai. "Keteguhan pendirian, kejernihan yang menjadi dasar keputusan dan otoritasnya membuat Inggris mampu mengambil alih kembali posisi kepemimpinan," kata istri mantan perdana menteri Spanyol, Jose Maria Aznar, seperti disadur dari AFP.

Namun, politisi sayap-kiri menentang usul tersebut. Sebab, Thatcher adalah sosok yang dinilai menghancurkan industri dan masyarakat Inggris dengan kebijakan ekonomi pasar bebasnya. "Selain ideologinya yang sangat bertentangan dengan Partai Sosialis, ia juga tidak pernah memiliki hubungan khusus dengan Madrid," kata juru bicara Sosialis di dewan kota, Jaime Lissavetzky.

"Kami menghargai Inggris, tetapi bukan politisi peluru (Thatcher) seperti itu, dia bukan 'pro-Eropa'," tambah Lissavetzky.

Lissavetzky mengatakan, gagasan memberi nama jalan dengan nama Thatcher muncul langsung dari Botella.

"Ia tentu saja memiliki suara mayoritas, sehingga ia akan mendapatkan 'jalan' itu tetapi tidak mendapatkan suara kami," katanya.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement