Ahad 05 May 2013 09:45 WIB

Skenario Pemilu Malaysia

Bendera Malaysia
Bendera Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID, Rakyat Malaysia akan memilih pemimpin pada Pamilu ke-13 pada Ahad (5/5) ini. Komposisi kursi di parlemen akan menentukan siapa pemangku pemerintahan selanjutnya dan pengisi tampuk Perdana Menteri. Berikut beberapa prediksi yang dilansir dari the Strait Times soal pemilu di Negeri Jiran. 

Kemenangan mutlak pemerintah

'Skenario terbaik' dalam Pemilu Malaysia ke-13 adalah Barisan Nasional meraih dua per tiga mayoritas kursi parlemen dengan memenangkan setidaknya 148 dari 222 kursi. Skenario ini akan membawa mereka kembali menduduki posisi dominan yang hilang pada 2008. Saat itu, Barisan Nasional  membiarkan perubahan untuk konstitusi federal.

Perdana Menteri Najib Razak pun akan tetap aman jika Barisan Nasional dapat meraih minimal 140 kursi di parlemen. Memenangkan empat negara dari tangan oposisi akan menjadi bonus. Kemenangan mutlak Datuk Seri Najib akan menghadapi UMNO yang sedang mundur. 

Kemenangan tipis

Jika Barisan Nasional mampu menang setidaknya 130 kursi, Najib akan menghadapi tantangan dari Partai UMNO.

Kesuksesan mantan Perdana Menteri Abdullah Badawi akan menjadi dasar untuk mendorong Barisan Nasional memperbaiki. Dia akan menghadapi kontes partai tahun ini. Deputi Perdana Menteri Muhyiddin Yasin akan menjadi penantang utama. Najib akan tetap mendorong reformasi.

Kemenangan oposisi

Ini akan menjadi sejarah Malaysia karena pemerintah tidak pernah berubah sejak 1957. Pakatan Rakyat (PR) dilahirkan dengan menggabungkan antara Partai Islam Se-Malaysia (PAS), Partai Keadilan Rakyat (PKR) dan Partai Aksi Demokrasi (DAP).

Meski sudah berdiri sejak lima tahun lalu, masih ada isu yang belum dibereskan. Termasuk pertanyaan siapa yang akan menjadi Perdana Menteri jika memenangkan Pemilu. Pada satu waktu, pemimpin oposisi Anwar Ibrahim memiliki karisma sebagai mantan deputi perdana menteri.

Akan tetapi, sejak tahun lalu, faksi konservatif dari PAS menginginkan Hadi Awang untuk menjadi kandidat Perdana Menteri. PAS sudah mendapatkan PKR sebagai peran saudaranya dan melihat posisi dominan.

PR telah mengesampingkan pertanyaan ini untuk saat ini, mengatakan itu perlu terlebih dahulu memenangkan pemilihan. Anwar mengatakan kandidat akan diputuskan secara konsensus oleh PR, sedangkan Datuk Seri Hadi mengatakan orang tersebut harus bisa diterima semua orang Malaysia, Muslim dan non-Muslim.

Pemenang Tak Akan 'Populer'

Entah Barisan Nasional (BN) atau Pakatan Rakyat (PR) menang dengan margin yang sangat sempit, dalam sebuah skenario di mana pemenang mungkin tidak benar-benar telah memenangkan suara populer.

Kemungkinan ini  semakin besar dengan sistem first-past-the-post Malaysia dan sistem pemilu dengan konstituen yang tidak sama-berukuran. Pada tahun 2008, BN hanya meraih 51 persen suara populer tetapi hanya meraih 63 persen dari seluruh kursi di parlemen.

Jika kedua sisi memenangkan pemilu tanpa mengamankan suara rakyat, ini akan menimbulkan pertanyaan tentang legitimasi moral dan menciptakan ketidakstabilitan karena pemerintah ragu-ragu.

Sebuah margin dekat - sekitar 20 kursi memisahkan kedua belah pihak - akan membuat sulit pemerintahan yang tidak stabil. Pasalnya, pembelotan dapat dengan cepat mengirim pemerintahan baru menjatuhkan.

Dalam skenario seperti itu, pihak atau seluruh anggota parlemen individu dapat 'menyeberang' jika pihak lain membuat tawaran yang lebih baik, khususnya, untuk Sabah dan Sarawak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement