Jumat 17 May 2013 08:03 WIB

Sri Lanka Bersihkan Jutaan Ranjau di Bekas Zona Perang

Ledakan di ladang ranjau (ilustrasi)
Foto: FLICKR
Ledakan di ladang ranjau (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KOLOMBO -- Pasukan Sri Lanka telah membersihkan ranjau di seluruh daerah yang diperlukan bagi permukiman penduduk dan pertanian di bekas zona perang. Pembersihan ranjau digelar hampir empat tahun setelah penumpasan gerilyawan Macan Tamil.

Pihak militer, Kamis waktu setempat, mengatakan pasukan telah membersihkan hampir sejuta bom tidak meledak, termasuk ranjau anti-personel, ranjau anti-tank dan bom rakitan, di wilayah utara dan timur dimana pemberontak berperang untuk kemerdekaan.

"Kami telah membersihkan semua daerah yang diperlukan bagi pemukiman kembali penduduk dan pencarian nafkah mereka seperti pertanian," kata juru bicara militer, Ruwan Wanigasooriya, dalam sebuah pernyataan.

Dari wilayah beranjau seluas 2.064 kilometer persegi, lebih dari 95 persen telah dibersihkan dan aman. Wanigasooriya mengatakan hanya sejumlah kecil hutan yang masih harus diperiksa untuk mencari ranjau yang dipasang selama perang separatis Tamil yang berakhir pada Mei 2009.

Militer bersama sejumlah badan internasional dan lokal membersihkan ranjau setelah pasukan keamanan mengalahkan pemberontak Macan Tamil.

Pasukan melaporkan bahwa satu prajurit tewas dan 15 orang cedera selama pembersihan ranjau itu. Sementara, sejumlah warga sipil tewas dalam insiden-insiden yang berkaitan dengan ranjau.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement