Senin 20 May 2013 06:17 WIB

Wanita Arab Pertama Capai Puncak Everest

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Raha Moharrak
Raha Moharrak

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Seorang wanita Arab Saudi membuat sejarah dengan mencapai puncak gunung tertinggi di dunia, Everest. Raha Moharrak menjadi wanita pertama yang mencapai puncak Everest.

Wanita berusia 25 tahun tersebut juga menjadi warga Arab termuda yang mencapai puncak Everest. Dia menjadi bagian dari ekspedisi tim beranggotakan empat orang yang mencakup pria Qatar pertama dan pria Palestina pertama yang mencoba mencapai puncak Everest.

Dalam pendakian tersebut, mereka juga mengumpulkan dana 1 juta dolar AS untuk proyek-proyek pendidikan di Nepal. Moharrak yang berasal dari Jeddah merupakan lulusan universitas yang berbasis di Dubai.

Lantaran datang dari Arab Saudi. Moharrak harus menghadapi banyak hambatan untuk mencapai tujuannya. BBC menulis Moharrak harus meyakinkan keluarganya untuk izin pendakian. "Itu adalah sebagian besar tantangan naik gunung," ujarnya.

Meskipun, mereka sepenuhnya mendukung dia sekarang. "Aku benar-benar tidak peduli menjadi yang pertama. Selama itu menginspirasi orang lain untuk menjadi yang kedua," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement