Selasa 20 Aug 2013 17:20 WIB

Kebakaran Tak Jua Padam Sejak Juli, Militer Bosnia Kerahkan Helikopter

Kebakaran hutan (ilustrasi)
Foto: EPA/Nuno Andre Ferreira
Kebakaran hutan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SARAJEVO -- Beberapa helikopter dari Angkatan Bersenjata Bosnia dan Herzegovina, Senin (19/8) waktu setempat, dikerahkan menyiramkan air untuk memadamkan kebakaran hutan di bagian selatan negeri tersebut.

Bebreapa helikopter tersebut beroperasi di daerah Jablanica. Tempat dimana kebakaran hutan terjadi dan telah melahap ratusan hektrare lahan hutan.

''Tindakan itu dilakukan sebagai upaya paling akhir untuk memadamkan 'si jago merah' yang mulai menyala pada akhir Juli,'' demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Selasa (20/8).

Tak ada laporan mengenai korban jiwa atau cedera. Atas permintaan Kementerian Keamanan, Angkatan Udara Bosnia dan Herzegovina telah ikut dalam upaya memadamkan kebakaran sejak 3 Agustus.

''Beberapa helikopter itu telah menyiramkan hampir 1.000 ton air dengan jam terbang lebih dari 60 jam sejak awal Agustus,'' kata laporan tersebut. ''Kebakaan masih belum bisa dikendalikan.''

Cuaca panas telah menambah ganas 'si jago merah' di daerah pegunungan sejak awal musim panas di Bosnia dan Herzegovina. Sementara, petugas pemadam berjuang sekalipun kekurangan peralatan dan menghadapi medan berat.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement