Sabtu 24 Aug 2013 08:02 WIB

Alasan AS Tetap Jual Senjata pada Taiwan

Rudal AS/ilustrasi
Foto: fas.org
Rudal AS/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, AS memastikan akan terus menjual senjata ke Taiwan, menyanggah sejumlah laporan bahwa para pejabat pertahanan AS dan China mungkin membahas perubahan kebijakan itu.

Taiwan sendiri memamerkan teknologi militer terbarunya guna menarik pembeli. Akan tetapi, negara pulau otonomis itu mengimpor sebagian besar senjata dan jasa pertahanan dari Amerika. Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika, Jen Psaki, mengatakan penjualan itu akan berlanjut.

“Sesuai komitmen Amerika berdasarkan UU Hubungan Dengan Taiwan, Amerika menjual ke Taiwan peralatan dan jasa militer yang perlu untuk Taiwan memiliki kemampuan pertahanan diri yang cukup. Kami yakin kebijakan yang sudah berjalan lama ini berperan dalam perdamaian dan stabilitas di Teluk Taiwan, tetapi tidak ada perubahan dalam kebijakan satu Cina,” kata Jen Psaki seperti dilansir situs VOA.

Para pejabat Amerika dan Cina minggu ini bertemu di Washington membahas pembentukan kelompok kerja gabungan untuk mengatasi berbagai isu bersama. Media Cina melaporkan bahwa kelompok kerja itu juga akan membahas penjualan senjata oleh Amerika ke Tawain, tetapi Amerika menyanggah berbagai laporan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement