Jumat 04 Oct 2013 13:58 WIB

Marty: Absennya Obama Tak Ganggu Pembahasan Substansi KTT APEC

Minister of Foreign Affairs Marty Natalegawa
Foto: Antara/Suwandy
Minister of Foreign Affairs Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan ketidakhadiran Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada KTT APEC 2013 tidak akan mengganggu pembahasan substansi pertemuan tersebut.

"Saya kira ketidakhadiran Presiden Obama dalam APEC kali ini tidak akan mengganggu pembahasan substansi karena substansinya sangat penting yaitu bagaimana bisa memelihara ketahanan perekonomian negara-negara di Asia-Pasifik," ujar Menlu Marty Natalegawa di sela-sela rangkaian pertemuan tingkat menteri di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Sebelumnya Marty menyatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima telepon langsung dari Presiden Obama yang menyatakan penyesalan atas ketidakhadirannya ke dalam rangkaian acara APEC 2013.

Hal tersebut terjadi karena perkembangan di dalam negeri Amerika Serikat khususnya menyangkut kebuntuan pembahasan anggaran di negara adidaya tersebut.

"Tentu bapak Presiden menyampaikan pemahamannya mengenai keputusan ini, karena situasinya telah kita terus ikuti selama ini dan dapat menerima penunjukan Menteri Luar Negeri AS John Kerry sebagai wakil Amerika Serikat," tambah Marty.

Lebih jauh Marty mengatakan, sudah banyak hal yang dikerjakan di awal pertemuan APEC 2013 dan sudah mendapatkan persetujuan dari para delegasi, jadi para "leaders" tinggal memberikan arahan bagi pelaksanaan APEC di tahun berikutnya.

Sementara itu,Ketua sidang tingkat menteri (AMM) Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013 Gita Wirjawan menyatakan kegiatan harus tetap berlanjut meski Presiden Barack Obama tidak hadir dalam konferensi tersebut.

"Ketidakhadiran Presiden AS Barack Obama pada KTT APEC 2013 amat disayangkan, namun bisa dimengerti. Namun 'the show must go on'(kegiatan APEC Bali harus terus berlangsung,red)," kata Gita di sela-sela rangkaian KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, Jumat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement