Rabu 16 Oct 2013 11:54 WIB

Dalai Lama Dukung Penggunaan Narkoba Dalam Pengobatan

Dalai Lama
Foto: Lenny Ignelzi/AP
Dalai Lama

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO DEL RINCON -- Dalai Lama memihak pengesahan pemakaian mariyuana dalam pengobatan di Meksiko, dalam suatu debat pada Selasa (15/10), dengan mengatakan kepada hadirin bahwa ia mendukung pemakaian narkoba untuk kepentingan pengobatan.

Pemimpin spiritual Tibet itu berbicara dalam acara yang diselenggarakan oleh mantan presiden Meksiko, Vicente Fox, dan mengatakan jika mengisap mariyuana mempunyai manfaat kefarmasian, maka juga akan mendapat "perkecualian".

"Namun jika seseorang menggunakannya hanya untuk bersenang-senang, gila-gilaan, itu tidak bagus," kata Dalai Lama ketika ditanya tentang sikapnya mengenai pengesahan narkoba di dalam acara luar ruang di Fox Center, di negara bagian Guanajuanto, Meksiko.

Fox, yang tertawa ketika pertanyaan itu diajukan kepada Dalai Lama, adalah tokoh utama dalam usaha pengesahan narkoba untuk memangkas pendapatan utama bagi kartel-kartel yang penuh kekerasan.

Dalai Lama melakukan perjalanan ke Meksiko sejak Jumat, tetapi pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto yang sedang membina hubungan lebih dekat dengan Cina, memutuskan untuk tidak bertemu dengan pemimpin spiritual Tibet yang berada dalam pengasingan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement