Kamis 17 Oct 2013 10:09 WIB

Saham Naik Setelah AS Sepakati Anggaran

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
Pasar saham/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Pasar saham/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Harga saham dilaporkan naik setelah Senat Amerika Serikat menyepakati anggaran untuk membuka kembali pemerintahan dan menghindari gagal bayar utang.

Saham Dow Jones Industrial rata-rata naik lebih dari 200 poin atau 1,3 persen, S&D 500 dan Nasdaq keduanya naik lebih dari satu persen pada Rabu (16/10) sore waktu setempat.

"Kamu bisa menyebut ini reli, tapi saya tidak tahu, ini benar-benar teratasi. Setidaknya pasar berhenti khawatir sementara," ujar ekonom BMO Private Bank, Brent Schutte dikutip CNN, Rabu (16/10).

Senat secara resmi mengumumkan kesepakatan pada Rabu waktu setempat untuk mengakhiri penutupan layanan pemerintahan 16 hari dan meningkatkan batas atas penerbitan surat utang. Departemen tresury AS memperingatkan tidak bisa lagi mengambil utang untuk membayar semua anggaran pemerintah dan mulai kehabisan dana pada Kamis (17/10) ini.

Itu membuat kekhawatiran AS bisa gagal bayar utang. Dalam kesepakatan di Senat, anggaran disepakati sampai 15 Januari tahun depan, sementara peningkatan batas atas surat utang sampai 7 Februari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement