Senin 21 Oct 2013 19:28 WIB

Waspada Opium Saat Makan dengan Hot Pot di Cina,

Rep: mgrol21/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sajian  dalam Hot Pot
Foto: thechinaobserver.com
Sajian dalam Hot Pot

REPUBLIKA.CO.ID, Bila sedang melancong di Cina, Berhati-hatilah bila hendak memilih bersantap di restoran. Menurut laporan dari FDA di Provinsi Guangzhou, dari 70 restoran yang diperiksa tahun lalu, terdapat dua restoran yang tertangkap menggunakan bubuk poppy, yaitu turunan opium sangat adiktif.

Para inspektur memeriksa dengan teliti alas sup, saus sambal, garam, saus kari, dan alas hot pot (tempat makan yang biasa digunakan di Cina). Hasil pengujian dengan mengejutkan menunjukkan dalam pot terdapat zat yang berpotensi  dapat merusak sistem syaraf dan pencernaan, seperti kodein, morfin, dan noscapine.

Lebih khusus lagi, pada tahun 2012, inspektur memiliki sampel lebih dari 400 alas hot pot di Provinsi Jiangsu dan 10% ditemukan jejak bubuk poppy. Dengan menambahkan zat adiktif tersebut pada menu, pemilik restoran berharap pengunjung akan datang kembali ke restoran.

Hanya saja sebuah laporan dari Yangtse Evening News menyatakan bahwa jika sebuah restoran membawa kurang dari 100 pon biji poppy, tidak ada tuntutan pidana yang diajukan. Rupanya kbanyakan toko memang memiliki 90 pon biji poppy untuk dicampurkan dengan makanan

 

Jadi berhati-hatilah jika Anda menyantap makanan yang disajikan di hot pot.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement