Selasa 31 Dec 2013 04:18 WIB
Tokoh Terkenal yang Wafat Sepanjang 2013

Nagisa Oshima, Pembuat Film Paling Kontroversial

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Joko Sadewo
Peti mati di upacara pemakaman (ilustrasi)
Peti mati di upacara pemakaman (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2013 tinggal hanya meninggalkan beberapa jam lagi. Banyak tokoh-tokoh terkenal kaliber internasional yang harus menutup amal dan perbuatannya dalam setahun ini. Kanal Aljazirah melansir, beberapa nama tokoh populer yang nama besarnya tetap 'apik' dalam catatan sejarah tapi dengan sadar, tidak bisa menghindari fase akhir dari kehidupan, yakni kematian.

Nama-nama tokoh kali ini mencatatkan ragam profesi. Mulai dari aktor dan seniman, hingga seorang ilmuan sampai politikus dan bajingan juga  seorang penjahat perang dan pahlawan.

Berikut sejumlah nama besar dan populer tersebut, berdasarkan bulan kematiannya;

Di Januari, seorang sutradara asal Jepang, Nagisa Oshima genap berusia 80 tahun. Pembuat film paling kontroversi asal Kota Tokyo ini meninggal lantaran pneumonia dan stroke. Nama Nagisa adalah pembuat film yang kental dengan penentangan ide-ide radikalisme dalam politik dan dominasi politik jender.

Nama lain yang meninggal dalam bulan pertama tahun 2013 adalah Andree Putman. Seniman asal Paris, Prancis ini genap berusia 87 tahun saat kemantiannya. Perempuan ini terkenal lewat karya-karya seni kontemporernya. Namanya bukan sembarangan dalam ide-ide desain interior. Andree juga seorang pengamat sosial bagi kalangan intelektual di Paris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement