Selasa 07 Jan 2014 18:57 WIB

Penata Rambut Perdana Menteri Inggris Dianugerahi MBE

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Raffaele Claudio Carbosiero alias Lino
Foto: news168.co.uk
Raffaele Claudio Carbosiero alias Lino

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Raffaele Claudio Carbosiero alias Lino terkenal sebagai penata rambut Perdana Menteri Inggris, David Cameron selama bertahun-tahun sejak 2010.

Keterampilannya memotong rambut perdana menteri Cameron dengan tangan kiri, dibandingkan kanan, maka membuat Lino dianugerahi gelar MBE.

Gelar MBE atau Member of the Most Excellent Order of the British Empire adalah bukan sebuah gelar akademik. Ini adalah gelar dari Kerajaan Inggris yang membedakan tingkatan kelas seseorang dalam kerajaan.

Lino terkenal sebagai penata rambut orang-orang terkenal dan kaya di seantero Inggris selama beberapa dekade terakhir.

Keterampilan memotong rambut Lino sudah diakui di seluruh dunia. Namun, pemerintah Inggris menyatakan pemberian gelar ini kepada Lino adalah murni diputuskan Komite Independen, tanpa campur tangan politik.

"Keputusan gelar kehormatan untuknya (Lino) adalah proses yang independen," ujar Juru Bicara Cameron, dilansir dari the Guardian, Selasa (7/1).

Pernyataan Juru Bicara Cameron tersebut menampik spekulasi gelar kehormatan tersebut direkomendasikan istri Cameron, Samantha.

Lino mengatakan kepada media Evening Standard dia terkejut menerima surat resmi atas gelar kehormatannya itu. "Aku pikir awalnya itu adalah surat dari pajak," katanya.

Selain Lino, penyanyi dunia Adele juga menerima gelar yang sama. Dia mendapatkan gelar 'Miss Adele Adkins MBE' yang merupakan penghormatan Sang Ratu Inggris atas kontribusi Adele di dunia musik internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement