Rabu 08 Jan 2014 19:02 WIB

Polisi Yunani Klaim Gagalkan Pembunuhan Menlu Turki

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Dewi Mardiani
Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu
Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Kepolisian Yunani telah menggagalkan percobaan pembunuhan terhadap Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu, saat kunjungannya ke Athena pada bulan lalu.

Upaya pembunuhan tersebut diduga didalangi oleh Partai Pembebasan Rakyat Revolusioner (DHKP-C), satu kelompok berhaluan kiri di Turki.

Pada Jumat (3/1) pekan lalu, surat kabar Yunani, Parapolitika, mengungkapkan Kepolisian Yunani telah memulai operasi mereka terhadap DHKP-C empat hari sebelum kedatangan Davutoglu di Athena. “Operasi lanjutan terus digelar selama Menlu Turki itu berada di ibu kota Yunani,” tulis laporan tersebut seperti dilansir World Bulletin, Rabu (8/1).

Dalam waktu tiga hari, tersangka percobaan pembunuhan Davutoglu pun dapat diidentifikasi oleh aparat keamanan Yunani. Menurut surat kabar Hurriyet, hanya 42 jam sebelum pesawat delegasi Turki tiba di Athena pada 13 Desember lalu, kepolisian di negara itu berhasil menangkap seorang pemuda Turki berinisial AB (26 tahun).

Berdasarkan rekaman dari percakapan lewat telepon genggamnya, AB diduga kuat terlibat dalam upaya pembunuhan Davutoglu. Di samping itu, dua orang lainnya yang tidak disebutkan namanya, menjadi tahanan rumah selama 24 jam karena juga diduga ikut berperan dalam percobaan pembunuhan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement