Senin 03 Feb 2014 01:43 WIB

Seorang Polisi Bersimbah Darah di Kamar Mandi Masjid

Korban Tewas/ilustrasi
Foto: ist
Korban Tewas/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MOMBASA -- Polisi Kenya bentrok di jalan dengan pemuda Muslim di luar sebuah masjid dimana ulama garis keras biasa menyampaikan khutbah di kota pelabuhan Mombasa.

Polisi menembakkan gas air mata dan peluru amunisi ke atas kepala massa pengejek, yang membalas dengan melemparkan batu. Belum jelas mengapa bentrokan itu terjadi.

Banyak Muslim di daerah miskin Mombasa merasa dipinggirkan oleh pemerintah Nairobi yang didominasi orang Kristen, dan penumpasan terhadap perekrutan jaringan militan Muslim di kota wisata itu telah mengobarkan kebencian.

Seorang polisi ditemukan tergeletak dalam genangan darah di sebuah kamar mandi di dalam Masjid Mussa, yang terletak di daerah Majengo di Mombasa.

"Kami menemukannya terkunci di sebuah kamar mandi setelah kami mendengarnya merintih kesakitan. Tampaknya mereka membunuhnya," kata seorang polisi bersenjata di jalan yang dipenuhi batu di luar masjid itu, Ahad (2/2).

Belum ada konfirmasi segera dari kepolisian apakah polisi itu selamat dari serangan tersebut. Orang-orang bersenjata tak dikenal menembak mati dua pengkhutbah garis keras yang terkait dengan Masjid Mussa dalam 18 bulan terakhir. Kedua ulama itu menyerukan bahwa sudah waktunya melakukan kekacauan.

Muslim di masjid itu menuduh pihak berwenang mendalangi pembunuhan tersebut, namun tuduhan itu dibantah oleh pemerintah. Kenya, yang menjadi tempat tinggal banyak warga Somalia, dilanda gelombang serangan.

Terutama di Nairobi dan kota pelabuhan Mombasa, serta Garissa, setelah pasukan negara itu memasuki Somalia pada Oktober 2011 untuk menumpas kelompok gerilya garis keras Al-Shabaab, yang mereka tuduh bertanggung jawab atas penculikan dan serangan bom di dalam wilayah Kenya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement