Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Piramida Berumur 4.600 Ditemukan di Bagian Selatan Mesir

Selasa 04 Feb 2014 23:48 WIB

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Citra Listya Rini

Piramida Mesir

Piramida Mesir

Foto: Irwan Kelana

REPUBLIKA.CO.ID, EDFU -- Sebuah piramida kuno ditemukan para arkeolog di Edfu, bagian selatan Mesir, Senin (3/2). Foxnews melaporkan piramida itu diduga telah berumur 4.600 tahun.

Piramida yang ditemukan baru-baru ini bahkan berumur lebih tua dibandingkan Piramida Giza yang dikenal sebagai salah satu keajaiban dunia.

Gregory Marouard, peneliti dari University of Chicago Oriental Institute mengartakan bangunan piramida ini dibuat dengan sangat serius. Kesimpulan ini diambil lantaran kondisi piramida yang terlihat presisi. Piramida ini tidak berubah bentuk, masih tampak wujdu aslinya meskipun telah berumur ribuan tahun.

Sebelumnya, Marouard dan rekannya melakukan penelitian ini, masyarakat sekitar mengira bangunan ini hanyalah makam dari orang suci saja.

"Pembangunan piramida ini mencerminkan perawatan dan keahlian yang nyata dalam penguasaaan teknik konstruksi batu, terutama untuk penyesuaian blok," kata dia.

Piramida ini ditemukan setinggi 16 kaki atau sekitar lima meter. Awalnya, piramida ini dikabarkan setinggi 43 meter. Uniknya, temuan piramida ini memiliki struktur bangunan yang sama dengan enam piramida lain yang bisa ditemukan di seluruh Mesir, mulai dari pusat hingga ke selatan.

Piramida yang ditemukan ini diduga menjadi salah satu peninggalan Firaun Huni atau Snefru. Tim menemukan grafiti hieroglif di bagian luar piramida. Ada prasasti yang terlatak di samping kuburan bayi dan anak yang ada di kaki piramida tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA