Sabtu 15 Feb 2014 22:17 WIB

11 Tewas dalam Serangan di Xinjiang

Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sejumlah 11 orang tewas akibat satu serangan di wilayah Xinjiang, Cina, Jumat dengan delapan gerilyawan ditembak mati oleh polisi. Tiga lainnya meledakkan bom yang mereka bawa yang mencederai empat orang.

Insiden di prefektur Aksu itu adalah aksi kekerasn terbaru di daerah tempat tinggal sebagian besar etnik Uighur yang beragama Islam.

"Delapan gerilyawan tewas akibat ditembak polisi dan tiga lainnya akibat bom bunuh diri mereka sendiri dalam satu serangan Jumat petang," kata kantor berita Xinhua mengutip pihak kepolisian.

''Dengan mengendarai sepeda-sepeda motor dan mobil-mobil yang membawa tabung gas, kelompok itu mendekati para personel polisi dekat satu taman di daerah Wushi saat mereka bersiap-siap untuk melakukan patroli,'' kata kantor berita pemerintah itu.

Portal laman Tianshan, yang dikelola pemerintah Xinjiang, mengatakan 11 penyerang tewas. Sementara dua polisi dan dua pejalan kaki cedera dan seorang penyerang ditahan. Foto-foto yang disiarkan di laman itu menunjukkan sebuah kendaraan polisi dan jip hangus terbakar.

Para pejabat polisi dan informasi Xinjiang yang dihubungi melalui telepon menolak memberi komentar kepada AFP. Para pejabat pemerintah Wushi dan polisi tidak dapat dihubungi.

''Aksu, di daerah barat jauh Xinjiang dekat perbatasan dengan Kirgizstan, adalah lokasi di mana terjadi tiga ledakan akhir Januari yang menewaskan setidaknya tiga orang,'' kata laman Tianshan. Polisi menembak mati enam orang setelah ledakan-ledakan itu.

sumber : Antara/AFP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement