Ahad 23 Feb 2014 05:19 WIB

Iran Menentang Militerisasi di Laut Kaspia

Laut Kaspia
Laut Kaspia

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Duta Besar Iran untuk Rusia Mehdi Sanaee Sabtu (22/2) waktu setempat mengatakan bahwa Teheran menentang militerisasi Laut Kaspia karena dapat menciptakan ketegangan antara negara-negara pesisir.

Berpidato di satu pertemuan di Laut Kaspia di Teheran, Sanaee mengatakan pembangunan pangkalan militer oleh negara-negara lain di negara-negara regional harus dihentikan karena akan menjadi potensi bahaya bagi seluruh wilayah itu. Dia membuat pernyataan ketika mengomentari beberapa laporan tidak resmi atas pembangunan pangkalan militer di salah satu negara pesisir Laut Kaspia sehingga pasukan Amerika Serikat dan NATO bisa mencapai Afghanistan.

Meskipun laporan belum dikonfirmasi lagi, langkah-langkah tersebut bertentangan dengan keamanan regional dan kepentingan bersama, kata duta besar, dan menekankan perlunya mencegah kehadiran asing di wilayah Laut Kaspia. Memperhatikan bahwa KTT Laut Kaspia berikutnya akan diadakan di Astrakhan, Rusia, pada tahun 2014, diplomat itu mengatakan tiga dokumen akan ditandatangani oleh para pejabat dari lima negara pesisir Laut Kaspia (Iran, Rusia, Azerbaijan, Turkmenistan dan Kazakhstan) selama acara.

Sanaee selanjutnya mengusulkan pembentukan sebuah kantor berita bersama oleh negara-negara pesisir Laut Kaspia.

sumber : Antara/IRNA-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement