Jumat 21 Mar 2014 08:34 WIB

Ini Negara Pertama Akui Hasil Referendum Crimea

Krimea
Foto: grid.al
Krimea

REPUBLIKA.CO.ID, BISKHEK-- Kementerian Luar Negeri Kirghizstan Kamis mengatakan bahwa pihaknya mengakui hasil referendum Minggu di Crimea, di mana wilayah tersebut memutuskan untuk memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung dengan Rusia.

"Hasil referendum di Crimea mencerminkan pandangan mayoritas mutlak di daerah itu, dan ini adalah kenyataan," kata kementerian itu dalam satu pernyataan.

Dokumen menyalahkan mantan berwenang Ukraina untuk krisis politik di negara itu, yang mengakibatkan penggulingan Presiden Viktor Yanukovych. "Semua prakarsa dan tindakan harus diarahkan semata-mata untuk mempertahankan perdamaian dan stabilitas yang rapuh di Ukraina dan di wilayah tersebut. Langkah-langkah sulit yang tidak dapat diterima," kata kementerian itu.

Crimea, bersama dengan beberapa daerah lain di tenggara negara Ukraina, menolak untuk mengakui legitimasi pemerintahan baru. Satu referendum diadakan Minggu di semenanjung yang didominasi orang-orang Rusia menunjukkan mayoritas pemilih mendukung reunifikasi dengan Rusia setelah 60 tahun sebagai bagian dari Ukraina.

Satu perjanjian untuk memberikan aksesi semenanjung Laut Hitam ditandatangani oleh para pemimpin Crimea dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa di Kremlin. "Hal ini pada saat-saat seperti ini dalam sejarah, insiden kecil pun dapat cepat menyebabkan situasi yang di luar kendali siapa pun," kata Sekjen PBB.

sumber : Antara/RIA Novosti-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement