Senin 24 Mar 2014 17:22 WIB

Duh, 15 Muslim Uighur Ditahan Pemerintah Cina

Seorang wanita Muslim Uighur di Urumqi berhadapan dengan militer Cina
Foto: AP/Ng Han Guan
Seorang wanita Muslim Uighur di Urumqi berhadapan dengan militer Cina

REPUBLIKA.CO.ID, SA KAEO-- Sekitar 15 Muslim etnis Uighur dari wilayah Xinjiang China ditahan di provinsi timur Sa Kaeo, Thailand, berniat untuk pindah ke Turki.

Satu operasi patroli perbatasan bersama tentara dan polisi Thailand menemukan sekelompok 15 pengungsi Muslim, 10 di antaranya adalah anak-anak, tersembunyi di hutan 200 meter dari perbatasan Thailand-Kamboja, di Kecamatan Pa Rai, Kabupaten Aranyaprathet.

Menurut penyelidikan awal, mereka mengatakan kepada pemerintah Thailand bahwa mereka etnis Muslim Uighur dari wilayah Xinjiang, Tiongkok. Mereka mengaku telah meninggalkan wilayah itu dan melakukan perjalanan ke Vietnam, Kamboja dan Thailand. Mereka pergi ke Malaysia dengan Turki menjadi tujuan akhir mereka.

Mereka mengatakan kepada pihak berwenang, bahwa ada ribuan etnis Muslim Uighur yang melakukan perjalanan bersama-sama dengan mereka. Ada sekitar 100 pengungsi yang tinggal di Kamboja menunggu untuk masuk ke Thailand. Mereka dikirim ke kantor imigrasi dan akan dituntut karena masuk secara ilegal ke Thailand.

sumber : Antara/TNA-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement