Kamis 03 Apr 2014 02:30 WIB

Enam Orang Tercatat Tewas Akibat Tsunami Cile

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tsunami (ilustrasi)
Foto: [ist]
Tsunami (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CHILE – Sedikitnya telah terdata 6 orang dinyatakan tewas dalam peristiwa tsunami di Pantai Chile. Gempa berkekuatan 8,2  skala richter tersebut juga berdampak pada tanah longsor yang memblokir jalan dan terputusnya aliran listrik secara meluas.

Empat korban tewas adalah mereka yang tertimpa dinding runtuh, terkena serangan jantung, sedangkan dua lainnya karena kecelakaan. Sejauh ini belum ada kerusakan besar yang dilaporkan selain listrik padam, tanah longsor, kerusakan di bandara udara dan terjadinya kebakaran di sejumlah tempat.

Presiden Michelle Bachelet meminta warga untuk tetap tenang. Pihaknya akan megevakuasi pesisir utara Chile dan menetapkan daerah tersebut sebagai zona bencana. Dia juga segera menurunkan Presiden serta polisi untuk menjaga ketertiban umum dan memperbaiki kerusakan yang ada.

Kepala Tanggap Darurat Nasional Chile, Ricardo Toro menambahkan, sebanyak 928 ribu orang telah diungsikan ke tempat aman. Sebab, lebih dari 2.500 rumah dianggap mengalami rusak berat di kawasan Pantai Utara Kota Iquique.Andi Mohammad Ikhbal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement