Kamis 24 Apr 2014 22:30 WIB

Abe Klaim Raih Dukungan Obama Terkait Sengketa Dengan Cina

Rep: c70/ Red: Bilal Ramadhan
Shinzo Abe
Foto: Yuya Shino/Reuters
Shinzo Abe

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO-- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama memberikan dukungan tanpa syarat untuk Jepang dalam sengketa teritorial yang menegangkan dengan Cina. Obama juga memberikan ruang bernapas dalam negosiasi perdagangan kepada Jepang.

“Obama telah menyatakan akan memperdalam komitmen pendalaman dengan Jepang,” kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Kamis (24/4).

Abe mengatakan Obama berkomitmen penuh terhadap perjanjian keamanan Jepang. Termasuk mencakup semua wilayah di Jepang, termasuk Kepulauan Senkaku yang saat ini menjadi sengketa. Jepang menekan bahwa AS memberikan dukungan penuh dalam sengketa atas pulau terpencil Senkakus yang diklaim oleh Cina sebagai Diaoyu.

Sebelumnya, para pejabat Jepang khawatir bahwa pemerintahan Obama tidak akan lagi berkomitmen ke Asia, khususnya Jepang akibat sengketa tersebut. Seperti dilansir dari Usa Today, para pejabat mengatakan bahwa Obama juga sepakat untuk memperpanjang pembicaraan mengenai perjanjian perdagangan yang luas di sektor mobil dan ekspor hasil tani ke AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement