Senin 17 Oct 2022 10:10 WIB

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Perintahkan Penyelidikan Gereja Unifikasi

Hubungan gereja unifikasi dan LDP terungkap usai pembunuhan Shinzo Abe.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Kishida memerintahkan penyelidikan terhadap Gereja Unifikasi.
Foto: Minoru Iwasaki/Kyodo News via AP
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Kishida memerintahkan penyelidikan terhadap Gereja Unifikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Surat kabar Kyodo melaporkan Perdana Menteri Fumio Kishida memerintahkan penyelidikan terhadap Gereja Unifikasi. Hubungan antara partai berkuasa dengan gereja itu terungkap usai pembunuhan mantan perdana menteri Shinzo Abe.

Dukungan terhadap pemerintah Kishida mencapai titik terendahnya sejak ia mulai menjabat. Sebab semakin besarnya kemarahan masyarakat pada  Liberal Democratic Party (LDP) yang berkuasa karena tidak mengungkapkan sepenuhnya hubungan mereka dengan Gereja Unifikasi.

Baca Juga

Pada Senin (17/10/2022) Kyodo melaporkan Kishida menginstruksikan menteri kebudayan untuk menyelidiki gereja itu dengan Undang-undang Korporasi Keagamaan. Kyodo menambahkan mungkin akan dikeluarkan perintah pembubaran, tergantung hasil penyelidikan.

Abe ditembak saat sedang berkampanye pada bulan Juli lalu dan tersangka pembunuhnya mengatakan ibunya bankrut karena gereja itu. Ia menyalahkan Abe karena mempromosikan gereja tersebut.

Kritikus menyebut gereja itu sebagai sekte. Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Keiko Nagaoka mengatakan akan segera memulai penyelidkannya.

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement