Senin 05 May 2014 16:15 WIB

Peralatan Sirus Ambruk, 20 Orang Cedera

Korban peralatan sirkus yang terjatuh di Rhode Island, Amerika Serikat (AP).
Korban peralatan sirkus yang terjatuh di Rhode Island, Amerika Serikat (AP).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK --  Sebuah peralatan sirkus dengan beberapa akrobat tergantung padanya ambruk pada Minggu, saat tampil di Rhode Island, menyebabkan 20 orang cidera, sembilan diantaranya cidera berat, dan mengejutkan penonton yang memenuhi arena.

Tim akrobat yang semuanya perempuan dari Ringling Bros. and Barnum & Bailey Circus itu jatuh dari ketinggian 12 meter ke lantai saat alat yang menggantung para pemain itu dengan rambut mereka ambruk di Dunkin Donuts Center di Providence.

Dalam sebuah rekaman video yang diunggah dalam talian, para pemain tampak menghempas lantai hanya sesaat setelah mereka memulai aksi "gantung rambut" dan ketika pembawa acara baru saja mengatakan, "Tergantung hanya dengan kekuatan ...."

"Para pemain tidak menjerit saat jatuh, namun sekitar 3,900 penonton berteriak tertahan, dan mereka pada awalnya tidak yakin apakah insiden itu merupakan bagian dari aksi panggung,"kata seorang penonton Aletha Wood yang menyaksikan penampilan sirkus itu bersama dua anaknya dan merekamnya.

Kepala Pemadam Kebakaran Providence Clarence Cunha mengatakan delapan perempuan dan seorang lelaki luka parah, mulai dari luka di kepala hingga patah tulang. Jurubicara rumah sakit Rhode Island memberikan angka berbeda dan mengatakan 11 orang dirawat di ruang gawat darurat dan tujuh lagi juga dibawa ke rumah sakit itu.

Wood mengatakan insiden tersebut mengejutkan para penonton.

"Saat itu penonton cukup penuh," katanya. "Ada sebuah cakram logam menggantung dari atap dan sepertinya hanya ditahan oleh sebuah kabel."

Stephen Payne, jurubicara Feld Entertainment yang merupakan perusahaan induk Ringling Bros mengatakan jaring pengaman tidak perlu dipasang karena para pemain tertambat pada peralatan dan tidak bisa terlepas darinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement