Senin 05 May 2014 17:00 WIB

Kronologis Jatuhnya Peralatan Sirkus di AS

Sebanyak 20 orang cidera saat insiden jatuhnya peratan sirkus di Rhode Islan, Amerika Serikat (AP).
Sebanyak 20 orang cidera saat insiden jatuhnya peratan sirkus di Rhode Islan, Amerika Serikat (AP).

REPUBLIKA.CO.ID, RHODE ISLAND --  Sebuah peralatan sirkus dengan beberapa akrobat tergantung padanya ambruk pada Ahad,  saat tampil di Rhode Island, menyebabkan 20 orang cidera, sembilan diantaranya cidera berat, dan mengejutkan penonton yang memenuhi arena.

Tim akrobat yang semuanya perempuan dari Ringling Bros. and Barnum & Bailey Circus itu jatuh dari ketinggian 12 meter ke lantai saat alat yang menggantung para pemain itu dengan rambut mereka ambruk di Dunkin Donuts Center di Providence.

Berikut kronologisnya :

Rekaman video Wood menunjukkan peralatan sirkus dan para pemain di awal pertunjukan tersembunyi di balik tirai dengan disinari cahaya biru dan merah. Tirai jatuh dan memperlihatkan para akrobat yang terbalut kostum berpayet, tergantung pada kanopi bulat yang ditahan oleh sebuah kabel. Salah seorang pemain tergantung di bawah pemain lainnya.

Namun tiba-tiba alat tersebut jatuh ke lantai. Para pekerja dan petugas darurat berlari menuju para pemain, dan beberapa menit kemudian sebuah brankar tiba setelah lampu digelapkan.

Seorang jurubicara polisi mengatakan Ringling Bros sudah mendapatkan izin pertunjukan yang diperlukan, namun merekalah yang bertanggung jawab atas pemasangan segala peralatan. Insiden tersebut tengah diselidiki oleh Badan Keamanan dan Kesehatan Kerja AS serta otoritas setempat.

"Keamanan adalah prioritas utama kami, bukan hanya untuk para pemain kami namun juga kru dan semua keluarga yang datang untuk menyaksikan penampilan Ringling Bros.," kata jurubicara Feld, Payne dalam surat elektroniknya.

Dua pertunjukan Ringling lain pada Ahad dan pertunjukan pada Senin pukul 10.30 waktu setempat dibatalkan. "Pemain yang cidera bisa mengajukan kompensasi terhadap pihak sirkus, kata Tom Lyons, pengacara di Providence.

Jika insiden melibatkan produk yang cacat, mereka bisa mengajukan tuntutan kepada pembuat peralatan itu, katanya.

Selain Ringling Bros., produksi Feld Entertainment juga meliputi Disney On Ice, balap motor off-road serta pertunjukan truk monster.

Pada 2011, Feld Entertainment membayar 270 ribu dolar untuk menyelesaikan dakwaan yang diajukan Departemen Pertanian bahwa binatang yang digunakan oleh Ringling tidak diperlakukan dengan semestinya.

Perkumpulan Pelindung Hewan Amerika pada 2012 membyar 9,3 juta dolar kepada Feld Entertainment untuk menyelesaikan tuntutan hukum yang diajukan perusahaan itu, untuk melawan tuduhan bahwa Ringling telah memperlakukan gajah-gajahnya dengan semena-mena.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement