Jumat 23 May 2014 23:48 WIB

Duh, Sekitar 30 Anak Mati Kelaparan di Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah
Foto: africannews
Republik Afrika Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA-- Sekitar 30 anak-anak tewas dalam sebulan akibat kelaparan dan kelelahan saat menghindari perang dari Republik Afrika Tengah dengan menyeberang ke Kamerun, kata PBB, Jumat.

"Dalam bulan lalu, angka kematian di antara pengungsi anak-anak sangat tinggi," kata jurubicara badan pengungsi PBB Adrian Edwards di Jenewa.

Antara 14 April hingga 18 Mei sebanyak 29 anak-anak, termuda adalah bayi dan paling tua berumur sembilan tahun, tewas setelah menyeberang ke Kamerun, kata UNHCR.

Banyak pengungsi yang lari dari bentrokan berdarah di Republik Afrika Tengah harus bersembunyi di semak belukar selama berminggu-minggu tanpa makanan atau air bersih, dan tiba di Kamerun dalam kondisi sangat menyedihkan, katanya.

Sebagian besar anak-anak yang tewas tiba dalam kondisi kurang gizi dan sakit parah, kata Edwards, seraya menambahkan upaya untuk menyelamatkan mereka di pusat terapi makanan telah gagal. "Dehidrasi, hipotermia dan anemia akut menjadi penyebab utama kematian," katanya.

Menurut Badan Pangan Dunia, lebih dari seperempat anak-anak yang tiba di Kamerun dari Afrika Tengah menderita kurang gizi akut. "Itu diatas batas darurat sebanyak 15 persen," kata jurubicara WFP Elisabeth Byrs dan menggambarkan situasi tersebut sebagai situasi yang dramatis.

Berdasarkan atas data UNHCR, sekitar 85 ribu pengungsi tiba di Kamerun dari Afrika Tengah sejak Desember --80 persen di antaranya merupakan perempuan dan anak-anak-- dan menyebar di 300 desa. Afrika Tengah terjebak dalam krisis sejak pemberontak Seleka yang sebagian besar Muslim mengambil alih kekuasaan melalui kudeta pada Maret 2013, namun kemudian digantikan oleh pemerintahan sementara pada Januari.

Namun pecahan kelompok pemberontak Seleka mulai melancarkan kampanye dengan pembunuhan, pemerkosaan serta penjarahan, sehingga memicu anggota mayoritas Kristen membentuk kelompok anti-balaka.

Kedua kelompok itu melancarkan aksi saling bunuh sehingga menewaskan ribuan orang dan hampir satu juta orang mengungsi, sebagian besar dari kelompok Muslim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement