Jumat 06 Jun 2014 20:44 WIB

Serang Ukraina, 15 Separatis Pro-Rusia Tewas

Rep: C66/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pasukan pemberontak pro-Rusia. (ilustrasi)
Foto: Reuters/Gleb Garanich
Pasukan pemberontak pro-Rusia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DONETSK -- Pasukan Ukraina menangkis serangan yang dilakukan oleh separatis pro-Rusia, Kamis (5/6) malam. Serangan terjadi di pos perbatasan timur negara itu.

Lima tentara Ukraina terluka dan 15 separatis diketahui tewas. Serangan juga membuat beberapa mobil era Soviet yang digunakan kelompok separatis hancur. Lokasi serangan tepatnya berada di Marynivka, sekitar 95 km (60 mil) sebelah timur Donetsk.

Pemberontakan di Ukraina telah meningkat dalam dua minggu terakhir. Pertempuran tersebut menewaskan banyak pihak, baik dari separatis pro-Rusia maupun tentara Ukraina. Hal ini juga memaksa warga terutama di Timur Ukraina untuk meninggalkan rumah mereka.

Pasukan Ukraina telah mengintensifkan kampanye untuk melawan kelompok separatis pro-Rusia. Mereka menunjukkan perlawanan terutama pada separatis yang ingin menduduki beberapa gedung pemerintahan di Ukraina Timur dan Donetsk.

 

Kampanye melawan kelompok separatis semakin digencarkan sejak Petro Poroshenko resmi terpilih sebagai Presiden Ukraina pada 25 Mei lalu. Pada Jumat (6/6), Poroshenko berada di Prancis untuk menghadiri peringatan D-Day. Poroshenko yang akan dilantik Sabtu besok mengatakan jika ia segera mengumumkan rencana perdamaian bagi Ukraina.

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement