Ahad 24 Aug 2014 10:15 WIB

Gunung Merapi Bardarbunga Meletus

Rep: C66/ Red: Citra Listya Rini
Gunung Bardarbunga
Gunung Bardarbunga

REPUBLIKA.CO.ID, REYKJAVIK -- Gunung merapi Bardarbunga di Islandia mulai meletus setelah mengalami aktivitas seismik selama satu minggu, Sabtu (23/8). Selama aktivitas seismik berlangsung di glasier terbesar negara itu, ribuan gempa tercatat telah mengguncang wilayah di sekitarnya.

Letusan gunung merapi ini membuat Islandia mengumkan zona larangan terbang, dengan jarak 140 mil di sekitar Bardarbunga. Emisi yang terlihat secara signifikan di lapisan atmosfir udara akibat abu letusan menjadi ancaman keselamatan bagi pesawat yang melewati wilayah tersebut.

Selain itu, pihak berwenang juga telah melakukan evakusi beberapa ratus orang warga sejak awal pekan ini, akibat aktivitas vulkanik gunung Bardarbunga yang terus meningkat. Para ahli mengatakan ada kemungkinan jumlah abu terus meningkat, tergantung dari ketebalan es di gunung tersebut.

Islandia merupakan negara yang dikelilingin beberapa gunung merapi, yang menyebabkan erupsi kerap terjadi. Pada April 2010, Islandia juga dilanda letusan gunung yang cukup besar dan menyebabkan penerbangan di dalam negara itu dan sekitarnya ditutup selama lima hari.

sumber : AP

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement