Ahad 07 Sep 2014 07:22 WIB

Situs Obamacare Diretas Hacker

Rep: c69/ Red: Esthi Maharani
Obamacare
Foto: [ist]
Obamacare

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK-- Hacker berhasil memasuki komputer server yang mendukung situs HealthCare.gov.  Situs ini adalah tempat mendaftar di asuransi kesehatan Obamacare. Tim keamanan dunia maya pemerintah pekan lalu menemukan, adanya file berbahaya (malware).

Pusat Pelayanan Kesehatan, yang memimpin lembaga Obamacare, memberi penjelasan kepada kongres soal penysupan pada Kamis lalu. "Yang pertama terjadi pada tanggal 8 Juli," kata Aaron Albright, juru bicara CMS.

Ia menambahkan malware yang diupload ke server dirancang untuk meluncurkan penolakan layanan, atau DDoS, juga serangan terhadap situs-situs lain. Meski begitu, ia menekankan hal tersebut tidak untuk mencuri informasi pribadi.

Dalam DDoS, komputer yang terkoneksi internet begitu kewalahan oleh malware. Program itu mencoba untuk berkomunikasi dengan situs web mereka. Kajian ini menunjukkan bahwa server tidak mengandung konsumen informasi pribadi. Selain itu, data tidak ditransmisikan ke luar badan, dan website tidak secara khusus ditargetkan.

"Kami telah mengambil langkah-langkah untuk lebih memperkuat keamanan." kata Albright.

Lebih lanjut, Albright mengatakan, serangan itu akan tidak berdampak pada kedua periode pendaftaran terbuka untuk Obamacare, yang dimulai pada 15 November. Kantor Inspektur Jenderal Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia,Lembaga Induk CMS, dan kepemimpinan HHS telah diberitahu mengenai serangan itu.

Perwakilan Tennessee, Diane Black, yang merupakan seorang kritikus mengatakan seharusnya faktor keamanan menjadi hal utama ketika merancang situs.

"Merancang sebuah situs web yang aman seharusnya menjadi prioritas utama untuk administrasi ini" kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement