Senin 22 Sep 2014 09:33 WIB

Pemimpin Kudeta Fiji Menangkan Pemilu

Pulau Mana di Fiji
Foto: Abc News
Pulau Mana di Fiji

REPUBLIKA.CO.ID, SUVA -- Pemimpin Partai FijiFirst Voreqe Bainimarama meraih lebih dari 25 kursi parlemen dari 50 kursi di Pemilihan Umum Fiji 2014, demikian hasil penghitungan Kantor Pemilihan Umum Fiji pada Ahad.

Partai FijiFirst juga telah meraih lebih dari 287 ribu suara atau 59,5 persen dari total suara yang dihitung meski sekitar 20 ribu suara belum masuk dalam hitungan.

Di sisi lain, partai pesaing yaitu Partai Sosial Demokrat Liberal hanya meraih sekitar 137 ribu suara atau sekitar 28,4 persen.

Sementara lima partai lain dan dua kandidat independen hanya meraih kurang dari 60 ribu suara.

Meskipun Partai FijiFirst kehilangan seluruh suara yang belum dihitung yaitu 20 ribu suara, partai itu tetap dapat meraih lebih dari 50 persen dari total suara.

Sejalan dengan peraturan pemilu Fiji, partai-partai politik atau kandidat-kandidat independen harus meraih setidaknya lima persen dari total suara untuk mendapatkan kursi di parlemen.

Dengan demikian, Partai FijiFirst diperkirakan meraih 33 kursi dan dapat membangun pemerintah baru Fiji. Partai Sosial Demokrat Liberal dan Partai Federasi Nasional merupakan dua partai yang mendapat persentase suara lebih dari lima persen dan akan menempati kursi oposisi.

Pada Ahad pagi waktu setempat, Bainimarama telah memberikan pidato kemenangannya dan berjanji akan membentuk sebuah pemerintahan bagi seluruh rakyat Fiji, apapun ras atau agama mereka.

"Saya sangat terhormat dan tersanjung karena rakyat Fiji menyerahkan kepercayaan mereka kepada saya untuk memimpin dalam demokrasi baru dan sebenarnya. Janji utama saya yaitu kami akan memerintah demi kesejahteraan seluruh rakyat Fiji," ujar Bainimarama kepada lebih dari tiga ribu rakyat di sebuah stadion di Ibukota Fiji, Suva.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement