Rabu 24 Sep 2014 15:33 WIB

Al-Nusra Klaim Pemimpinnya Tewas Akibat Serangan Koalisi AS

Rep: Gita Amanda/ Red: Erdy Nasrul
  Persidangan anggota kelompok yang dituduh terlibat dalam aksi teroris oleh pemerintah Cina.
Foto: AP
Persidangan anggota kelompok yang dituduh terlibat dalam aksi teroris oleh pemerintah Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, RAQQA--Serangan udara yang dilancarkan koalisi Amerika Serikat untuk menghancurkan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), nampaknya juga menargetkan kelompok teror lain. Pemimpin kelompok Front al-Nusra yang berafiliasi dengan Alqaidah, tewas akibat serangan udara AS.

Sebuah pernyataan dikeluarkan oleh Front al-Nusra, mengidentifakasi pemimpin mereka Abu Yousef al-Turki atau yang dikenal sebagai 'The Turk', tewas. Pernyataan al0Nusra diunggah di akun Twitternya berdampingan dengan sebuah foto sebagai bukti kematian dari mantan pejuang.

CNN belum dapat memverifikasi secara independen klaim al-Nusra tersebut. Tapi kelompok pengawas Observatorium Suriah untuk HAM melaporkan, kelompok teror juga menjadi target serangan udara. AS juga belum mengidentifikasi al-Nusra sebagai kelompok yang menjadi sasaran dalam serangan.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, serangan udara yang dimulai Selasa (23/9) pagi waktu setempat hanya awal. Tapi Kirby menolak berkomentar tentang operasi militer di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement