Ahad 05 Oct 2014 09:45 WIB

Duh, 32 Tewas Dalam Festival Hindu di India

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Bilal Ramadhan
Festival Dussehra di India
Foto: journeymart.com
Festival Dussehra di India

REPUBLIKA.CO.ID, BIHAR-- Festival di India menjemput maut. Setidaknya 32 orang tewas dalam sebuah festival religi umat Hindu India di Bihar, Patna, India bagian utara, Jumat (4/10). Sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak.

Kepala Sekretaris Bihar Anjari Kumar Singh mengatakan banyak korban meninggal dalam insiden injak atau stampede. ''Sebanyak 24 korban luka juga telah dibawa ke rumah sakit,'' kata dia pada BBC.

Masih belum jelas penyebab insiden yang terjadi. Diperkirakan karena jalanan tempat festival yang sempit dan padat sejak dari pintu acara. Saksi mata mengatakan pada NDTV India bahwa dalam sebuah prosesi injak, sebuah kabel listrik runtuh.

Wartawan lokal Niraj Sahay yang berada di lokasi kejadian mengatakan hanya satu pintu keluar festival yang terbuka untuk orang-orang melarikan diri. Niraj mengatakan pada BBC Hindi, saat prosesi injak, sebuah kabel jatuh dan orang-orang mengira itu adalah kabel listrik.

Festival ini memang dinilai kurang penjagaan keamanan. Sering kali acara berlangsung terlalu padat. Pada Agustus lalu, 10 orang juga tewas dalam festival Hindu Somvati Amavasya di India tengah. Pada Oktober 2013, 91 orang yang sebagian besar wanita dan anak juga tewas dalam festival Hindu di dekat kuil Ratangarh di negara bagian Madhya Pradesh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement