Senin 27 Oct 2014 10:37 WIB

Dilma Roussef Kembali Pimpin Brasil

Rep: C92/ Red: Winda Destiana Putri
Dilma Rousseff
Foto: Reuters/Ueslei Marcelino
Dilma Rousseff

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Dilma Roussef dipastikan kembali memimpin Brasil setelah pemilihan presiden (pilpres) selesai, Ahad kemarin. Ia menang tipis dengan memperoleh 51,6 persen suara.

The Guardian Senin (27/10) melansir, lebih dari seribu pendukung Partai Pekerja menerjang hujan untuk berkumpul di Lapa. Mereka menyaksikan pengumuman hasil pemilu dari layar raksasa.

Sorak sorai, lambaian bendera, tarian dan teriakan pun terdengar saat Dilma dinyatakan sebagai pemenang.

"Ole ole ole ole, Dilma Dilma," teriak mereka.

Salah satu warga yang tampak basah kuyup, Vinicius Barchilon mengatakan Dilma telah melakukan banyak hal bagi masyarakat miskin. Ia percaya pemerintah bertekad mengatasi ketidaksetaraan.

Walaupun begitu, dukungan dari pemilih pada pemilu sekarang jauh lebih sedikit daripada emapt tahun lalu. Ketika itu, selisih persentase mencapai 12 persen.

Dukungan ini paling santer muncul dari daerah-daerah miskin di utara dan timur laut. Daerah-daerah inilah yang banyak diuntungkan oleh proyek-proyek pembangunan negara selama masa kepemimpinan Dilma.

Sementara, di daerah kota yang lebih makmur seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro, Dilma justru banyak kehilangan suara. Ini dikabarkan karena masyarakat kelas menengah banyak dibuat frustasi oleh kondisi ekonomi dan skandal korupsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement