Selasa 11 Nov 2014 16:41 WIB

Di Apec, Obama dan Putin Saling Sapa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Esthi Maharani
Vladimir Putin
Foto: EPA/Alexander Zemlianichenko
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin sering terlihat ngobrol di KTT APEC, Beijing. Mereka berbicara terkait hubungan dingin antara keduanya.

Dilansir dari //reuters// keduanya akan bertemu dalam dua kali kesempatan pada pekan ini. Kesempatan pertama, pertemuan akan dilakukan di Beijing. Kedua di acara konferensi G20, di Brisbane, Australia.

Dengan adanya dua agenda internasional, mereka pun gagal menghindar dari serbuan jurnalis dan sorotan pimpinan negara lain. Selama ini Obama dan Putin tidak pernah bertemu secara pribadi. Apalagi sejak ketegangan yang terjadi diantara keduanya atas keterlibatan Rusia dalam konflik di Ukraina. Namun di APEC mereka terlihat lebih hangat.

Obama dan Putin bersama Presiden Cina Xi Jinping berjalan sambil tersenyum saat membuka acara APEC, di sebuah Convention Center di danau Beijing.

"Ini indah bukan," ujar Putin yang berbicara pada Obama tentang hiasan ruang konferensi.

Obama hanya menjawab singkat pertanyaan Putin. "Ya" jawaban Obama yang terdengar oleh para wartawan.

Juru Bicara Rusia Kremlin Dmitry Peskov mengatakan keduanya memang terlihat berbicara beberapa kali saat pembukaan. Pejabat Amerika Serikat menegaskan diskusi diantara keduanya tengah terjadi tetapi tidak memberikan rinciannya.

Kedua pemimpin tampaknya memiliki banyak waktu untuk membahas masalah diantara dua negara. Tetapi mereka tidak menemukan banyak kesempatan untuk berbicara berdua.

Selain Ukraina, mereka pun bertentangan terkait dukungan Rusia terhadap Presiden Suriah Bashar al Assad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement