Ahad 25 Jan 2015 21:40 WIB

Raja Abdullah Di Mata Pemimpin Dunia

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz.
Foto: Reuters
Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Wafatnya Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz membawa duka mendalam. Tak hanya di dalam negeri, namun juga sejumlah pemimpin dunia menyatakan rasa dukanya untuk pemimpin yang wafat diusia 90 tahun tersebut.

Dilansir dari Arab News, Ahad, (25/1) berikut pendapat sejumlah pemimpin dunia mengenai sosok Raja Abdullah:

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani

Raja Abdullah merupakan salah satu pemimipin terbesar dan terbaik dari negara Arab dan Islam kami, yang mengabdikan hidupnya untuk melayani Tanah Air dan bangsanya.

Presiden Rusia Vladimir Putin

Raja Abdullah dikenal sebagai seorang negarawan yang bijaksana dan konsisten. Politisi dan pemimpin yang dicintai dan dihormati oleh orang-orang dan memiliki otoritas yang layak di kancah dunia internasional.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas:

Saya ingin menyampaikan kesedihan dan rasa sakit karena kehilangan ksatria Arab yang memiliki nama besar, Raja Abdullah. Kami berharap raja baru Raja Salman sukses dalam tugasnya demi kebaikan orang-orang Saudi dan dalam pengabdiannya sebagai bangsa Arab-Muslim seperti yang dilakukan raja sebelum ini.

Perdana Menteri Inggris David Cameron

Saya sangat sedih mendengar kematian Penjaga Dua Masjid Suci, Yang Mulia Raja Abdullah bin Abdul Aziz Al-Saud. Dia akan diingat selama bertahun-tahun yang panjang sebagai pengabdi Kerajaan, atas komitmennya terhadap perdamaian dan untuk memperkuat pemahaman antar agama.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina

Bangladesh telah kehilangan salah satu saudara yang memiliki kepedulian besar dan simpatisan yang murah hati.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani

Saya menyatakan belasungkawa terdalam ke Arab Saudi dan keluarga Raja Abdullah bin Abdul Aziz pada hari duka ini. Afghanistan akan selalu ingat Raja Abdullah sebagai pendukung terbesar jihad mereka. Dia selalu mendukung proses perdamaian di Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry

Amerika Serikat telah kehilangan seorang teman, dan Kerajaan Arab Saudi, Timur Tengah, dan dunia telah kehilangan seorang pemimpin yang dihormati. Raja Abdullah adalah orang yang bijaksana dan visioner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement