Ahad 15 Feb 2015 09:36 WIB

Muslim Moskow Galang Dana untuk Masjid Keliling

Rep: c83/ Red: Angga Indrawan
Masjid Keliling Moskow
Foto: Onislam
Masjid Keliling Moskow

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sedikitnya jumlah Masjid di Moskow membuat warga Muslim Rusia melakukan kampanye penggalangan dana untuk mendanai armada mobil trailer yang difungsikan sebagai Masjid keliling di ibukota Moskow.

"Hari ini dua juta Muslim di Moskow terpaksa puas dengan hanya empat yang berfungsi Masjid di kota," tulis pemimpin kampanye, Alsu Khafis seperti dilansir Islam Online (13/2).

Ia menjelaskan, Mobil-mobil yang telah diubah menjadi Masjid ini akan mengakomodasi ruang mini-prayer, yang juga dilengkapi dengan tempat wudhu.

Masjid keliling akan melakukan perjalanan sekitar ibukota, melayani umat Islam yang memanggil mereka secara gratis. Terdapat enam trailer Masjid di pusat-pusat bisnis di sekitar kota, dan dua Masjid Trailer akan mendatangi jamaah yang memanggil melalui website khusus.

Selain jumlah masjid yang sedikit, Masjid yang terdapat di Moskow juga berukuran kecil. Hal ini menyebabkan banyak Muslim dipaksa untuk beribadah di pusat-pusat bisnis, rumah dan gudang. Ibukota Rusia merupakan rumah bagi dua juta Muslim.

Setahun silam,  Wali kota Moskow Sergei Sobyanin menyatakan tidak akan ada lagi pembangunan masjid baru di kotanya. Ia menegaskan hal tersebut meskipun empat masjid yang ada di sana saat ini tidak lagi memadai untuk menampung umat Islam yang menetap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement