Rabu 18 Feb 2015 17:16 WIB

PM India Lelang Jas untuk Bersihkan Sungai Gangga

Rep: Gita Amanda/ Red: Citra Listya Rini
Perdana Menteri India Narendra Modi.
Foto: Reuters
Perdana Menteri India Narendra Modi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI  -- Perdana Menteri India Narendra Modi akan melelang setelan jas kontrovesialnya. Hasil lelang yang terkumpul menurutnya, akan digunakan untuk membantu membersihkan Sungai Gangga.

Seperti dilansir Aljazirah Rabu (18/2), sebelumnya Modi memicu kontroversi di negerinya, setelah membuat sebuah jas mahal untuk bertemu dengan Presiden Barack Obama. Modi diejek narsis, karena memesan jas baru berbahan wol yang dipesan khusus untuk menyambut Obama tersebut.

Penyelenggara lelang mengatakan, jas tersebut akan dilelang bersama sekitar 450 hadiah lain yang diterima perdana menteri. Lelang dilangsungkan selama tiga hari dan dimulai pada Rabu di kota Surat, yang juga merupakan kota tempat Modi tinggal.

"Barang-barang ini hadiah yang diterima PM sejak ia menjabat. Item yang akan dilelang termasuk setelah bergaris miliknya," ujar Pemimpin kota dan penyelenggara acara Milind Toravane pada kantor berita AFP.

Hasil lelang menurutnya akan digunakan untuk acara bersih-bersih Sungai Gangga. Modi selama ini meluncurkan program pemeliharaan Gangga, yang menganggap pencemaran sungai suci itu sebagai hal memalukan.

Ini bukan pertama kali Modi melakukan lelang untuk amal. Saat menjabat sebagai menteri di Gujarat, ia pernah menyerahkan 18 ribu item senilai lebih dari tiga juta dolar untuk pendidikan anak perempuan di India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement