Rabu 25 Feb 2015 16:37 WIB

Bola Api di Langit AS Diyakini adalah Roket Cina

Roket Epsilon dari Japan Aerospace Exploration Agency.
Foto: space.com
Roket Epsilon dari Japan Aerospace Exploration Agency.

REPUBLIKA.CO.ID, SALMON -- Sebuah bola api yang melintas di langit malam wilayah barat AS hampir dipastikan adalah badan roket milik Cina. Badan roket tersebut digunakan Cina Desember lalu untuk meluncurkan satelit.

Manajer Centennial Observatory di College of Southern Idaho Chris Anderson mengatakan penduduk di negara bagian Rocky Mountain, seperti Idaho, Utah dan Montana dilaporkan melihat sebuah roket yang memisahkan diri di atmosfer sekitar 113 kilometer di atas bumi.

Roket yang mengorbit bumi setiap 87 menit tersebut muncul lebih awal dan menarik perhatian karena kemungkinan mengalami perubahan arah di angkasa sehingga mempengaruhi kecepatannya.

"Sulit memprediksi secara tepat kapan badan roket akan turun dan di mana karena tergantung pada banyaknya hambatan atmosfer dan orientasi objek di udara," kata Anderson, Rabu (25/2).

Sampah angkasa seperti bagian peluncur roket dan satelit yang tidak aktif adlaah masalah bagi orbit bumi. Badan Angkasa Eropa pada 2013 meminta puing-puing itu dibersihkan untuk menghindari tabrakan yang bisa mengacaukan jaringan telekomunikasi dan GPS.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement