Ahad 22 Mar 2015 04:36 WIB

Duh, Pasangan Lanjut Usia Ini Curi Ratusan Lukisan Picasso

Rep: C09/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pierre Le Guennec
Foto: parismatch.com
Pierre Le Guennec

REPUBLIKA.CO.ID,  GRASSE - Pierre Le Guennec dan istrinya, Danielle, yang sudah memasuki usia 70 tahun, tertangkap tangan memiliki barang curian berupa 271 lukisan karya Pablo Picasso di rumah mereka. Namun Guennec membantah tuduhan pencurian itu dan mengatakan tumpukan sketsa dan gambar yang ditemukan polisi adalah hadiah lama yang telah tersimpan selama 40 tahun di garasi rumah mereka dari Picasso. 

Dilansir dari The Guardian, pengadilan kota Grasse menjatuhkan hukuman masa percobaan kepada keduanya selama dua tahun, pada Jumat (20/3). Tindak pidana yang dituduhkan kepada keduanya adalah mencuri satu koper yang berisi karya-karya Pablo Picasso pada sebuah pameran yang diselenggarakan oleh keluarga Picasso di Paris pada 2010 lalu.

Saat itu keluarga pelukis terkenal Picasso langsung melapor kepada polisi mengenai sketsa dan gambar yang hilang. Tak lama setelah laporan itu, Guennec dan pasangannya digerebek polisi di kota Mouans-Sartoux. Potongan-potongan karya Picasso yang dicuri Guennec dibuat antara 1900 sampai 1932, termasuk di dalamnya sejumlah lukisan terkenal seniman Perancis itu.

Pasangan lanjut usia tersebut tetap mengelak atas kasus pencurian yang disangkakan kepada keduanya. Guennec tetap mengaku Picasso sendirilah yang telah memberikan koper berisi lukisan itu kepadanya. Ia diketahui pernah beberapa tahun bekerja untuk janda Picasso. 

"Saya tidak mengambilnya, saya bahkan tidak menganggapnya sebagai karya seni," ujar Guennec. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement