Selasa 07 Apr 2015 02:23 WIB

Angka Penangkapan Dugaan Terorisme Inggris Meningkat

Rep: C17/ Red: Indira Rezkisari
Terorisme
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Terorisme

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pihak kepolisian Inggris telah menahan dua orang remaja pria dan wanita atas tuduhan melakukan tindakan terorisme. Hal tersebut seperti diberitakan Sky News, Senin (6/4).

Remaja tanggung pria berusia 14 tahun itu ditangkap polisi di kediaman mereka di Blackburn pada 2 April lalu. Sementara remaja wanita berusia 16 tahun ditangkap di rumahnya di Clee Avenue, Longsight, Manchester, sehari setelah penangkapan sang pria.

Polisi menemukan beberapa alat elektronik di rumah remaja pria yang tidak disebut namanya itu. Pria tersebut dituduh mencoba melakukan tindakan terorisme. Diketahui bahwa kedua remaja itu berasal dari Pakistan namun telah tinggal bertahun-tahun di Inggris. Keduanya mendapatkan jaminan hingga tanggal 28 Mei mendatang.

Sementara itu, angka penangkapan terkait terorisme meningkat di Inggris dalam beberapa bulan terakhir seiring banyaknya warga negara tersebut yang pergi ke Suriah dan diduga bergabung dengan kelompok radikal ISIS. Sebelumnya Jumat lalu, polisi menahan enam orang di kota pelabuhan Dover yang merupakan jalur kapal feri dari Inggris ke Perancis.

Tanggal 1 April lalu, sekeluarga asal Rochdale ditahan di Turki karena hendak menyeberang ke Suriah, tepatnya ke wilayah yang dikuasai ISIS. Lima orang dewasa dan empat anak-anak itu akan dideportasi kembali ke Inggris. Atas kejadian ini Pemerintah Inggris memperkirakan telah ada 600 warga negara mereka yang bergabung dengan militan di Suriah, setengahnya diperkirakan telah kembali ke kampung halamannya di kota-kota Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement