Selasa 07 Apr 2015 10:47 WIB

Wuih, Nenek 100 Tahun Raih Rekor Renang 1.500 Meter

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Mieko Nagaoka
Foto: ibn live
Mieko Nagaoka

REPUBLIKA.CO.ID, MATSUYAMA -- Seorang perempuan Jepang berusia 100 tahun mencetak rekor pertama renang sejauh 1.500 meter di kolam seluas 25 meter.

Dilansir dari BBC, Mieko Nagaoka mulai berenang sejak berusia 82 tahun dan telah memegang rekor dengan jarak yang sama di kolam 50 meter. Untuk rekor terbaru, dia mampu menyelesaikan hanya dalam waktu satu jam 15 menit dengan gaya punggung.

Nagaoka merupakan satu-satunya yang mengambil rentang usia 100-104 tahun di kompetisi Matsuyama, Sabtu (4/4). Dia selalu mendominasi papan rekor di kelompok usianya.

Hingga saat ini Nagaoka telah memgang 24 gelar jarak pendek dan jarak panjang oleh Federasi Renang Internasional (FINA). Awalnya Nagaoka berenang untuk terapi lutut.

Setelah sepekan mencoba dia mulai berlatih secara serius. Nagaoka sering menghadiri kompetisi renang di seluruh dunia.

Keluarganya juga perenang profesional. Selain berenang dia juga telah menulis buku dengan judul "Saya Berusia 100 Tahun dan Perenang Aktif Terbaik di Dunia,".

Nenek 100 tahun ini berharap dapat terus berenang hingga berusia 105 tahun. "Jika saya masih hidup hingga 105 tahun saya akan terus berenang," ujar dia bersemangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement