Selasa 07 Apr 2015 11:30 WIB

Pabrik Kimia di Cina Meledak Picu Kebakaran Besar

Rep: Gita Amanda/ Red: Bilal Ramadhan
Kebakaran pabrik di di provinsi industri timur Cina, Jiangsu.
Foto: EPA
Kebakaran pabrik di di provinsi industri timur Cina, Jiangsu.

REPUBLIKA.CO.ID, ZHANGZHOU-- Ledakan melanda sebuah pabrik kimia di wilayah Zhangzhou, Cina. Ledakan memicu kebakaran besar di parbik tersebut, belum ada laporan korban jiwa akibat ledakan.

BBC News mengutip kantor berita Xinhua Selasa (7/4) melaporkan, ledakan melanda pabrik yang memproduksi paraxylene (PX). Paraxylene merupakan bahan kimia yang mudah terbakar biasa digunakan untuk manufaktur polister dan plastik.

Televisi China CCTV menampilkan pabrik memicu kebakaran besar dengan ledakan ke udara. Xinhua mengatakan ledakan terjadi sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Pemadam kebakaran mengatakan sekitar 430 petugas pemadam kebakaran segera dikirim ke tempat kejadian.

Salah satu warga Lin Chen yang berada sekitar 10 kilometer dari lokasi mengatakan, ia mendengar ledakan keras. Flatnya menurut Lin bahkan ikut terguncang saat ledakan terjadi. Pabrik tersebut selama ini dioperasikan oleh Naga Aromatics, salah satu produsen PX independen terbesar di Cina. Mereka menolak berkomentar terkait insiden ini.

Pembangunan pabrik PX di Cina kerap memicu protes dari warga. Warga khawatir polusi pabrik akan membahayakan kesehatan mereka. South China Morning Post melaporkan, ini merupakan ledakan kedua pabrik PX dalam dua tahun terakhir di Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement