Jumat 10 Apr 2015 15:18 WIB

AS-Kuba Perbaiki Hubungan Diplomatik

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Bendera Kuba dan AS.
Foto: huffingtonpost.co.uk
Bendera Kuba dan AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat dan Kuba selangkah lebih maju demi memperbaiki hubungan. Sebelum pemimpin kedua negara bertemu, Menteri Luar Negeri Kuba dan AS telah duduk bersama dalam pertemuan khusus.

Pertemuan dua negara ini adalah untuk pertama kalinya sejak revolusi Kuba, lebih dari 50 tahun lalu. Menteri Luar Negeri AS, John Kerry dan Menlu Panama Brono Rodriguez bertemu di Panama City Hotel, Kamis (9/4).

Keduanya berbincang selama kurang lebih dua jam di bar restoran hotel. Pemerintah AS mengatakan pertemuan berlangsung baik. ''Kerry dan Rodriguez berdiskusi panjang dan sangat kontruktif. Mereka sepakat membuat kemajuan dan akan bekerja sama menyelesaikan isu-isu penting,'' kata pejabat senior Deplu.

Pertemuan ini menjadi pembuka pertemuan Presiden Barack Obama dan Presiden Raul Castro dalam Konferensi Tingkat Tinggi Amerika di Panama. Mereka akan bersanding bersama pemimpin-pemimpin negara Amerika lainnya. Keduanya diharapkan setidaknya berjabat tangan.

Upaya memperbaiki hubungan dilakukan serius oleh pemerintahan Obama. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat akhirnya merekomendasikan pencabutan Kuba dari daftar sponsor terorisme.

Seorang ajudan Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS mengatakan rekomendasi segera diberikan pada Presiden Barack Obama. "Deplu telah merekomendasikan mereka dihapus dari daftar," kata ajudan Senat yang tak ingin disebut namanya itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement