Kamis 30 Apr 2015 02:20 WIB

Akhirnya Israel Izinkan Bahan Bangunan Masuk Gaza

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
Warga di Jalur Gaza, Palestina.
Foto: Reuters
Warga di Jalur Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Israel mengizinkan 14 ribu ton bahan bangunan masuk ke dalam wilayah perang Gaza. Kementerian Pertahanan menyebut ini pengiriman tunggal terbesar sejak berakhirnya konflik Juli-Agustus di wilayah tersebut.

Seperti diberitakan Al Arabiya Kamis (30/4), Badan Koordinasi Kebijakan Pemerintah Israel di Wilayah Palestina COGAT mengatakan, 354 truk melewati selatan jalur Gaza. Truk tersebut bertuliskan 'Bahan Bangunan'.

Di bawah blokade Israel di Gaza delapan tahun ini, masuknya semen dan besi sebagian besar telah dilarang. Negara Yahudi takut bahan tersebut bisa digunakan oleh militan Palestina untuk membuat senjata dan membangun serangan terowongan.

Tapi, masyarakat internasional memperingatkan konflik lain akan menjulang bila tanpa rekonstruksi serius di wilayah pesisir. Di wilayah tersebut, Israel membom dan menghancurkan lebih dari 100 ribu rumah selama perang 50 hari.

Berdasarkan data dari PBB, 100 ribu warga Gaza merupakan tunawisma sejak perang musim panas lalu. Perang tersebut juga menewaskan sekitar 2.200 warga Palestina dan 73 orang Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement