Jumat 08 May 2015 12:46 WIB

Presiden Cina Gelar Pembicaraan dengan Putin di Moskow

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Xi Jinping.
Foto: AP Photo
Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Cina Xi Jinping memenuhi undangan Presiden Rusia Vladimir Putin, untuk datang ke Moskow. Keduanya diharapkan akan menandatangani lebih dari 40 perjanjian mulai dari keamanan, ekonomi hingga energi.

Seperti dilansir Aljazirah Jumat (8/5), selama pembicaraan Xi dan Putin juga cenderung membahas berbagai isu politik internasional. Mereka ingin memperluas kerjasama strategis kedua negara.

Xi akan berada di Moskow dari 08-10 Mei, untuk menghadiri parade militer Rusia. Parade tersebut digelar untuk menandai ulang tahun ke 70 Perang Dunia II. Xi juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev selama kunjungannya.

Pemimpin Cina itu sebelumnya mengunjungi Kazakhstan sebelum tiba di Moskow. Xi juga akan mengunjungi Minsk atas undangan Presiden Belarusia Lukashenko Alyaksandr.

Putin rencananya akan membalas kunjungan Xi pada September mendatang. Putin juga akan mengadakan parade militer untuk memperingati akhir Perang Dunia II. Ini akan menjadi kali pertama seorang pemimpin Rusia menghadiri acara tersebut di Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement