Jumat 15 May 2015 04:16 WIB

Kunjungi Cina, PM India Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Rep: C23/ Red: Julkifli Marbun
Narendra Modi
Foto: AP/Saurabh Das
Narendra Modi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan kunjungan ke Cina dalam rangka meningkatkan kerja sama ekonomi. Kunjungan yang dilakukan selama tiga hari itu, digunakan Modi untuk bertemu Presiden Cina Xi Jinping. Perjanjian dagang kedua negara tersebut dikabarkan mencapai jutaan dolar Amerika Serikat.

"Saya yakin kunjungan saya akan meletakkan pondasi untuk lebih meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Cina di berbagai sektor," ungkap Modi seperti dikutip BBC News, Kamis (14/5). Selain memperbaiki hubungan bilateral, Modi juga berharap kunjungannya akan memberikan dampak bagi kemakmuran negara-negara Asia lainnya.

Cina merupakan mitra dagang terbesar India. Pada 2014, nilai transaksi dagang kedua negara itu menembus angka 71 juta dolar.

Namun sebelumnya India pernah mengalami defisit transaksi perdagangan dengan Cina. Pada 2001 hingga 2002, nilai transaksi dagan antara Cina dengan India hanya mencapai satu juta dolar. Tapi secara bertahap, hingga 2014, nilai transaksi keduanya mengalami kenaikan hingga mencapai 38 juta dolar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement