Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Vonis mati Muhammad Mursi

Politisi Bosnia Mengutuk Hukuman Mati Mursi

Ahad 17 Mei 2015 11:48 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri

Mantan presiden Mesir, Muhammad Mursi berada di dalam penjara.

Mantan presiden Mesir, Muhammad Mursi berada di dalam penjara.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, SARAJEVO -- Anggota dari Dewa Tripartit Kepresidenan Bosnia Herzegovina, mengutuk keputusan pengadilan Mesir yang menjatuhkan hukuman mati pada Presiden Mesir terguling Muhammad Mursi.

Kantor berita Turki Anadolu Agency pada Sabtu (16/5) melaporkan, Izetbegovic ingat bahwa Morsi adalah presiden pertama Mesir yang terpilih dalam pemilu pertama yang bebas dan demokratis di negara itu.

"Dia digulingkan dalam kudeta, dan kemudian ditangkap dan mengalami persidangan mencurigakan, yang bertujuan untuk melakukan tindakan keras terhadap rival politik dan lawan, dan akhirnya bertujuan untuk mengeliminasi mereka secara fisik," katanya.

Dia juga mendesak masyarakat internasional untuk memeriksa dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Mesir.

"Saya menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menunjukkan konsistensinya untuk menghormati hak asasi manusia dan norma-norma demokrasi, untuk melakukan segala sesuatu untuk mencegah hukuman mati bagi Morsi," tambahnya.

Pengadilan Mesir pada Sabtu menjatuhkan hukuman mati pada Mursi. Putusan tersebut sedang dipertimbangkan oleh Grand Mufti Mesir. Keputusan akhir akan dibacakan pada 2 Juni.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA