Senin 18 May 2015 00:05 WIB

Militan ISIS Diselundupkan ke Eropa Bersama para Migran

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
Kelompok bersenjata ISIS   (ilustrasi)
Foto: EPA
Kelompok bersenjata ISIS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI -- Para anggota ISIS sedang diselundupkan ke Eropa oleh geng di Mediterania. Penyelundup ISIS bersembunyi di kapal yang penuh dengan migran.

Hal tersebut dikatakan Penasehat Pemerintah Abdul Basit Haroun usai berbicara dengan pemilik kapal di bagian Afrika Utara. Pemilik kapal mengaku dikendalikan oleh militan.

"ISIS menggunakan perahu untuk orang-orang mereka dan mengirimnya ke Eropa, polisi Eropa tidak tahu siapa yang dari ISIS, siapa yang merupakan pengungsi biasa atau bukan," katanya seperti diberitakan BBC News, Ahad (17/5).

Para militan sering duduk terpisah dari migran lainnya. Menurutnya, di masa depan para militan berencana melakukan serangan di Eropa.

Awal tahun ini, lembaga pengawasan perbatasan Uni Eropa, Frontex mengatakan adanya kemungkinan para pejuang asing mengunakan rute migrasi tidak teratur untuk masuk ke Eropa.

PBB memperkirakan tahun ini sebanyak 60 ribu telah mencoba menyeberang Mediterania. Lebih dari 1.800 meninggal di perjalanan karena kapal yang penuh sesak dan tidak layak pada 2015. Angka ini meningkat 20 kali lipat pada periode yang sama pada 2014.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement