Kamis 21 May 2015 04:20 WIB

Rahasia Obsesi Osama bin Laden

Rep: c21/ Red: Satya Festiani
Osama Bin Laden di tempat persembunyian
Foto: Daily Mail
Osama Bin Laden di tempat persembunyian

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tahun-tahun terakhirnya Osama bin Laden bersembunyi di sebuah kompleks di Pakistan. Sosoknya adalah pria yang sangat mencintai keluarga sendiri. Namun dilain sisi ia adalah sosok yang sangat dingin dan ingin menyusun rencana serangan missal di Amerika, menurut dokumen yang disita oleh Navy Seal ketika malam terbunuhnya.

Pada Rabu (20/5) pagi, Kantor Direktur Intelijen Nasional AS merilis jumlah dokumen yang belum pernah  terjadi sebelumnya dari apa yang para pejabat AS gambarkan sebagai harta karun yang telah diambil oleh pasukan khusus Navy Seal di komplek Osama bin Laden, Abbottabad, Pakistan, pada 2 Mei tahun 2011.

Sebanyak 103 dokumen mereka termasuk gudang terbesar korespondensi yang pernah dirilis antara anggota keluarga dekat Osama bin Laden dan komunikasi yang signifikan antara Usama dan pemimpin lain dari al Qaeda, serta komunikasi mereka dengan kelompok teroris di seuruh dunia Muslim.

Selain itu, realis sebuah daftar koleksi digital sangat besar milik Usama dari buku berbahasa Inggris, berpikir banyaknya laporan-laporan dan dokumen pemerintah Amerika Serikat, berjumlah total sampai 266. Di akhir Osama bin Laden tetap terobsesi untuk menyerang Amerika.

Dalam surat bertanggal, dia mengatakan militan jihad di Afrika Utara bahwa mereka seharusnya berhenti, “bersikeras pada pembentukan negara Islam dan bukan menyerang kedutaan besar AS di Sierra Leone, Togo dan perusahaan-perusahaan minyak Amerika.”

Osama menawarkan saran mirip dengan jaringan al Qaidah di Yaman, mengatakan hal itu untuk menghindari menargetkan polisi, serta militer Yaman. Bukan memprioritaskan serangan terhadap target-target Amerika.

Banyak nasihat Osama bin Laden baik tidak membuat kelompok ini atau itu hanya diabaikan karena jaringan al Qaeda di Yaman dan Afrika Utara terus menyerang target lokal.

ISIS, tentu saja, tidak ada pada saat bin Laden menulis surat tersebut.

Kelompok, yang saat ini menguasai petak besar wilayah di Timur Tengah, tumbuh dari al Qaeda di Irak dan telah memetakan jalan yang berbeda, yang ingin menciptakan negara Islam dan tidak memprioritaskan serangan terhadap Amerika Serikat dan warganya.

Secara bersama-sama, dokumen-dokumen dan bahan bacaan kompleks, dengan potret bernuansa orang yang paling dicari di dunia pada tahun-tahun sebelum ia tewas dalam serangan di kompleks itu. Dalam surat yang Osama bin Laden dengan banyak putra dan putri, ia muncul sebagai seorang ayah banyak digemari dan dikagumi dan memanjakan anak-anaknya. Dan dalam surat yang dikirim ke salah seorang istrinya, ia bahkan datang dari sebagai pecinta yang mabuk kepayang.

Itu kontras dengan kata-kata Osama yang dikirim ke pemimpin al Qaeda yang menuntut serangan korban massal terhadap sasaran Amerika dan bersikeras bahwa jaringan Al-Qaeda di Timur Tengah berhenti membuang-buang waktu mereka pada serangan terhadap sasaran pemerintah daerah. "Serangan harus difokuskan untuk membunuh dan melawan orang-orang Amerika," Osama menekankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement