Senin 01 Jun 2015 10:53 WIB

Belasungkawa, Obama Kunjungi Kediaman Wakil Presiden

Rep: C32/ Red: Ilham
Presiden AS Barack Obama.
Foto: AP
Presiden AS Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Barack Obama bersama istrinya, Michelle mengunjungi Wakil Presiden Joe Biden dan keluarganya ke kediaman resminya, US Naval Observatory pada Ahad (31/5). Ia, mengunjungi Biden untuk mengucapkan belasungkawa atas kematian anaknya, Beau.

Seperti dilansir Trust pada Ahad (31/5), Beau Biden (46) meninggal pada Sabtu (30/5) karena penyakit kanker otaknya kambuh. Ia sebelumnya pernah menjabat sebagai Jaksa Agung dari Dalaware selama delapan tahun.

Padahal, tepat di hari itu Obama telah dijadwalkan menjadi tuan rumah resepsi di Gedung Putih. Namun, hal tersebut dibatalkan untuk menghormati Biden.

Pejabat dan politisi Washington lainnya juga turut mengucapkan belasungkawanya melalui media sosial. Salah satunya Menteri Luar Negeri John Kerry menyatakan, bagaimana ia mengingat Beau memilih untuk terus melayani di militer Irak daripada diangkat ke kursi Senat untuk menjadi wakil presiden pada tahun 2009.

Lalu Senator, Patrick Leahy, rekan senat yang sudah lama mengenal Joe Biden mengatakan, Beau orang yang mengesankan. Ada didunia sebagai orang yang ditakdirkan untuk menjadi pemimpin.

Mantan Presiden Bill Clinton dan istrinya Hillary juga menyampaikan belasungkawa di twitter. Begitu juga yang dilakukan Ketua DPR John Boehner dan calon presiden dari Partai Republik Jeb Bush, Scott Walker, Rick Santorum, dan Mike Huckabee.

Beau Biden mengalami stroke ringan pada 2010 dan didiagnosa menderita kanker otak pada bulan Agustus 2013. Setelah operasi, radiasi, dan kemoterapi, ia diberi surat keterangan sehat, tetapi kanker kembali kambuh pada musim semi 2015.

Beau, yang sempat melakukan pekerjannya selama setahun di Irak sebagai anggota dari Delaware Tentara Garda Nasional, tahun lalu ia telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Delaware pada 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement